Diskusi santai teori evolusi


Hello, akhirnya ada waktu santai juga buat mgurus ini blog. Lumayan lah ngisi waktu luang disini. Ohiya.. Kenapa judul post nya begitu?


Entah lah, saya tiba-tiba pengen ngebahas teori kontroversial ini..



Darwin mengemukakan pernyataannya bahwa manusia dan kera berasal dari satu nenek moyang yang sama dalam bukunya The Descent of Man yang terbit tahun 1971. Sejak saat itu, para pengikut Darwin telah berusaha untuk memperkuat kebenaran pernyataan tersebut. Tetapi, walaupun telah melakukan berbagai penelitian, pernyataan "evolusi manusia" belum pernah dilandasi oleh penemuan ilmiah yang nyata, khususnya di bidang fosil..

Nah, saya jadi inget obrolan saya sama salah satu guru sekaligus pembina Kelompok Ilmiah Remaja di sekolah, waktu itu.. ada seorang siswa yang menanyakan kebenaran tentang teori darwin. Tentu saja, guru saya yang senang dengan diskusi teori-teori semacam itu.. Langsung dengan semangatnya menyatakan dia tidak setuju dengan teori itu.

Katanya, dengan fakta kecil saja.. Buktinya, sampai saat ini monyet masih ada. Seharusnya, monyet itu sudah tidak ada karena rentan waktu yang lama membuat mereka berevolusi menjadi manusia. Dan katanya, tidak hanya itu,katanya jumlah kromosom suatu individu tidak akan pernah berubah. Jumlah kromosom manusia dan kera jelas berbeda bukan?

Selain itu, Teori ini bisa saja mengguncang  keimanan seseorang (sisi agama).Orang yang beriman akan yakin bahwa Tuhan telah menciptakan makhluknya dan dijelaskan dalam kitab yang diturunkan. Tapi bagimana dengan orang awam atau anak kecil seprti saya dulu yang mudah saja menerima teori ini tanpa berfikir lagi? Makanya Kebesaran Tuhan (Allah) akan terlihat atau terasa bagi orang-orang yang berfikir..

Kata guru saya bukti yang bisa menyangkal lainnya adalah dalam buku nya sendiri, Darwin banyak menggunakan kata "Mungkin Saja" bahkan mungkin terlalu banyak. Artinya,dia belum 100% yakin dengan apa yang dinyatakannya bukan?

Bapak kepala sekolah saya pernah berkata dalam tausyiah nya, katanya penciptan manusia sudah jelas ada dalam Q.S Al-Mu’minun ayat 12 -14. Dulu pernah ada pembahasan tentang Kera disekolah saya, memang ada banyak kesamaan dan perbedaan antara manusia dengan kera.Tapi, manusia dan kera itu adalah makhluk yang berbeda. Tuhan memerintahkan kepda kita untuk berfikir. Jadi, sebenarnya masih banyak bukti yang belum terungkap. Untukitu,Tuhan memerintahkan kita untuk terus berfikir agar mengetahui sebenarnya dan jangan menerima sesuatu begitu saja

Dalam sejarah agama juga dikatakan Adam adalah manusia pertama di dunia tapi bukan makhluk pertama. Seharusnya kita harus lebih bijak lagi dalam meyakini teori Ilmu pengetahuan dan Agama.Karena Ilmu pengetahun juga bisa menguatkan kebenaran yang ada dalam agama.

Jadi, ini tergantung kepada bagaimana orang-orang memandang. Tentu saja akan ada banyak perbedaan.. tapi tetaplah berfikir!
Terima kasih

Posting Komentar

2 Komentar

  1. Muhammad Wafa FC17 Mei 2014 pukul 15.08

    betul.... keren lah..,:) ustadz saya juga bilang teori darwin itu borokokok, masa 'kita' dari monyet sih, kan bertolak belkng dngn penciptaan manusia yang tlh Allah ajarkan, aslnya dri air yng memancar lalu nuthfah lalu lalu 'alaqah lalu mudghah lalu 'idzaman dn seterusnya sampai WAFAt..., betul kan?

    BalasHapus
  2. Yes of course... I thought human born from the first human it is Nabi Adam AS. He had been the first human. After now, the information about human from the Monkey Genre, I have been thinking it's wrong...


    #Thanks

    BalasHapus

Tinggalkan jejeak :)