Arti lagu Imagine (Ngawur)

 http://2.bp.blogspot.com/_B-LiOWHSedc/TPStVTx16bI/AAAAAAAABoY/rHFOmNFTdRY/s1600/John_Lennon_Imagine_.jpg

Hallo, Adakah yang tidak tau John Lennon ? Mungkin ya, remaja remaja zaman sekarang pada bingung kalau ditanya siapa itu Lennon. Miris memang, sekarang mereka lebih menyukai ‘musisi’ idola yang bukan sama sekali Musisi. Ya, menurut saya mereka cuma manfaatin ‘Musik’ untuk sekedar popular & dapet duit.

Ah,sudahlah. Saya gak bakal bahas itu disini hehe. Saya Cuma tertantang buat ‘mengartikan’ secara ngawur salah satu lagunya Lennon yaitu “IMAGINE”. Lagu yang enak didengar menurut saya. Tapi, makna dalam lagu ini cukup Kontroversial. Kebanyakan orang menganggap lagu ini sebagai lagu Anti-agama.Kok bisa? Nah, langsung saja kita bahas.


1.       Menurut saya, dibagian awal lagu ini. Lennon membayangkan manusia yang hidup damai untuk yang saat ini(dunia) bukan setelah ini (akhirat) (No Heavens, No Hell)

2.       “Imagine there’s no countries…..” , “… Nothing to kill or die for”

Nah, mungkin disini terbayang jika dunia  tidak ada lagi peperangan antar Negara atau mengatas namakan Negara. Tidak ada lagi yang membunuh dan dibunuh. Karena semua manusia sudah bersatu


3.       “No Religon too. Imagine all the people living life in peace”

Ini adalah bagian lirik yang paling banyak dihujat. Karena lebih mengarah ke Atheis. Tapi, menurut saya ‘Tidak ada agama disini’ bukan berarti benar benar tidak ada agama, Hanya saja Tidak ada lagi Peperangan dengan kedok agama. Agar, semua manusia bisa hidup dengan damai


4.       “Imagine no Possesions, I wonder if you can no need for greed or hunger”

Bayangan jika tidak ada lagi harta benda atau memperebutkan harta benda. Mungkin, itu terlihat mustahil sebab pada dasarnya hampir semua manusia punya sifat serakah dan tidak pernah puas.


5.       “Brotherhood of a man, Imagine all the people sharing all the world”

Sebuah persaudaraan yang kuat antar manusia, hingga semua manusia bisa terbuka dan saling berbagi di dunia


6.       “You may say I’m dreamer. But I’m not the only one. I Hope someday you’ll join us. And the  world will live as one”

Mungkin bayangan Lennon ini Cuma dianggap mimpi. Tapi, dia gak sendiri pasti ada yang satu pemikiran. Lennon berharap mereka bergabung untuk menciptakan kedamain dan berharap dunia ini bersatu dalam damai dan 'mengesampingkan' perbedaan
Nah, itu Cuma pemikiran sempit & pendapat  saya. Banyak orang-orang berpikir bahwa lagu ini lagu Atheis, Illuminati, NOW atau apalah. Sampe-sampe mereka menghujat sana sini. Ah, ribet amat setiap orang kan bebas berpendapat. Padahal, gak ada gunanya juga benci sama lagu ini. Ya, kalau emang benci cukup diem & gak usah didengerin. Simple kan? Kalau saya lebih ngambil sisi positifnya aja yang negatif nya tinggalin.

Tapi Memang benar, ada sedikit aroma “NOVUS ORDO SECLORUM/NEW  WORLD ORDER” Yaitu sebuah dunia dimana semua manusia tidak memiliki ikatan agama dan bersatu dibawah satu ‘pemerintahan’ dan ini adalah cita cita orang Yahudi. Kalaupun, semua itu  ada dilagu Imagine .Ya, ini kan hanya apa yang dipikirkan Lennon. Kita kan gak tau seperti apa perasaan/ apa yang dipikirkan Lennon saat menulis lagu ini. Mungkin dia muak dengan semua peperangan yang mengatas namakan Agama. Pokoknya

Yang penting kita harus bisa ‘menyaring’ mana yang sebaiknya kita ambil. Emang gak bakal abis – abis kalau ngomongin soal kayak gini ya hehe

Saya sih gak peduli mau Lennon Atheis atau apapun saya tetep suka. Saya kan Cuma nikmatin musiknya. Jangan dipersulit lah. Pokoknya, saya suka lagu ini tapi jangan anggap saya seorang Atheis. Saya tetap teguh ke agama saya :D
Kalau saya Nikmatin aja.ini memang karya yang luar biasa. Harusnya, karya seperti ini diApresiasi. Iyalah, daripada lagu-lagu sekarang kebanyakan Cinta-cintaan & pemikiran nya itu itu aja.
Ya, apapun itu.Persepsi masing masing lah. Intinya, saya harap gak ada lagi peperangan atas nama ‘Agama’. Karena pada dasarnya semua agama mengajarkan kedamaian.
Ingat Toleransi itu bukan “Kamu Harus Ngerti Aku”, tapi “Kita harus sama sama ngerti”.
Sekali lagi ini hanya pendapat dari saya, dan semua orang bebas berpendapat kan? Peace!

Bonus nih lirik & Terjemahan Imagine :

Imagine there's no heaven
Bayangkanlah tak ada surga
It's easy if you try
Mudah jika kau mau berusaha
No hell below us
Tak ada neraka di bawah kita
Above us only sky
Di atas kita hanya ada langit
Imagine all the people
Bayangkanlah semua orang
Living for today...
Hidup hanya hari ini...

Imagine there's no countries
Bayangkanlah tak ada negara
It isnt hard to do
Tidak sulit melakukannya
Nothing to kill or die for
Tak ada alasan untuk membunuh dan terbunuh
No religion too
Juga tak ada agama
Imagine all the people
Bayangkan semua orang
Living life in peace...
Menjalani hidup dalam damai...

Imagine no possesions
Bayangkan tak ada harta benda
I wonder if you can
Aku ragu apakah kau mampu
No need for greed or hunger
Tak perlu rakus atau lapar
A brotherhood of man
Persaudaraan manusia
Imagine all the people
Bayangkan semua orang
Sharing all the world...
Berbagi dunia ini

You may say Im a dreamer
Mungkin kau kan berkata aku seorang pemimpi
But Im not the only one
Namun aku bukanlah satu-satunya
I hope some day you'll join us
Kuharap suatu saat kau kan bergabung dengan kami
And the world will live as one
Dan dunia akan bersatu


IMAGINE ALL THE PEOPLE !
LIVING LIFE IN PEACE !

Posting Komentar

1 Komentar

  1. sipp gan kunjungi balik yah :)
    http://adhinugraha4.blogspot.com/

    BalasHapus

Tinggalkan jejeak :)